Pages

Saturday, January 16, 2010

HUKUM INERTIA

Sir Isaac Newton adalah orang pertama yang memberi tahu kita bahwa benda yang bergerak cenderung tetap bergerak, dan benda yang tak bergerak cenderung tetap tak bergerak. Dia mungkin perlu menambahkan bahwa orang yang bergerak cenderung tetap bergerak, dan orang yang tidak bergerak cenderung tetap tak bergerak. Jika Anda mampu membuat seseorang bergerak ke arah yang benar, baik secara fisik maupun mental, dimulai dari sesuatu yang mudah dan menyenangkan, maka kemungkinan besar dia akan melanjutkannya. Mengapa demikian ?
    Manusia sangat membutuhkan konsistensi tindakan. Beberapa penelitian tentang hal ini menggambarkan dengan jelas bahwa faktor psikologis ini sangat efektif bila diterapkan untuk memotivasi seseorang. penelitian-penelitian itu menunjukkan bahwa ketika seseorang diminta melakukan hal kecil dan dia melakukannya, maka semakin besar peluang bahwa dia mau memnuhi permintaan yang lebih besar. Namun, jika pada awalnya dia tidak kita minta untuk, dan karenanya tidak, melakukan tindakan kecil tersebut, maka dia tidak memiliki motivasi tak sadar untuk memenuhi permintaan kita yang lebih besar.
    Penelitian bertopik "teknik awal mencapai tujuan" berikut ini menujukkan bahwa orang yang pada awalnya memenuhi permintaan kecil cenderung memenuhi permintaan yang lebih besar.Freedman dan Fraser (1966) meminta izin kepada para pemilik rumah untuk memasang papan besar bertuliskan HATI-HATILAH DALAM BERKENDARA di halaman rumah mereka. Hanya 17 persen yang memberikan izin. Namun, para pemilik rumah lainnya diminta untuk lebih dulu melakukan hal yang lebih kecil. mereka diminta memasang papan di jendela rumah mereka berukuran tiga inci bertuliskan JADILAH PENGENDARA YANG BAIK. Hampir seua pemilik rumah itu langsung menyetujuinya. Beberapa minggu kemudian, para pemilik rumah itu diminta untuk memasang papan besar tadi di halaman rumah mereka. Tujuh puluh enam persen dari mereka  pun setuju memasang papan yang tak sedap dipandang mata itu.
    Ketika kita telah melangkah ke satu arah, kita terdorong untuk melakukan konsistensi dengan menyetujui permintaan untuk meneruskannya. Sederhananya, mereka yang mengabulkan permintaan lebih kecil berupa pemasangan papan berukuran tiga inci telah mengubah konsep diri mereka agar termasuk dalam definisi orang yang sangat peduli pada keselamatan pengendara. karena itu, persetujuan mereka terhadap permintaan lebih besar hanyalah penegasan bahwa mereka melakukan suatu tindakan yang alasannya telah dan sangat mereka terima.

Sumber : Get Anyone to Do Anything, David J. Lieberman

0 comments: