Pages

Sunday, November 1, 2009

POTASSIUM

Riset terkini menunjukkan, potassium berperan penting dalam mencegah penyakit jantung, osteoporosis, dan lain-lain. Berikut ini beberapa khasiat potassium untuk kesehatan :

Mencegah Kenaikan Tekanan Darah
Kita semua tahu bahwa garam adalah salah satu penyebab kenaikan tekanan darah. Garam ada di mana-mana, hampir setiap sajian makanan mengandung garam, tentu kita tidak dapat menghindarinya. Lalu bagaimana untuk menjaga tekanan darah tanpa mengkhawatirkan kandungan garam yang ada di setiap sajian makanan kita ?
Menurut Jonny Bowden, PhD., C.N.S, dalam buku The 150 Healthiest Foods on Earth, garam membuat tubuh menimbun cairan, yang tentunya memberikan tekanan pada arteri, sehingga tekanan darah naik. Kegunaan potassium dalam hal ini adalah sebagai diuretic alamiah, membantu tubuh mengeluarkan kelebihan cairan, sehingga meredakan tekanan.


Menurunkan Resiko Stroke Hingga 38%
Dari hasil sebuah studi yang dilakukan terhadap hampir 44.000 orang dewasa, dengan mengonsumsi 9 saji makanan kaya potassium setiap hari selama setahun, memiliki resiko menderita stroke 38% lebih kecil dibanding dengan yang hanya mengonsumsi 4 saji.
Potassium berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga menurunkan resiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke.

Meningkatkan Kekuatan Tulang
Menurut para periset, wanita pasca menopause dengan penipisan tulang yang mendapatkan potassium sitrat selama setahun mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang sebesar 1% pada pinggul dan tulang belakang bawah. Potassium membantu mencegah kehilangan kalsium dengan menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh.

Menjaga Kekencangan Otot
Orang dewasa yang mendapatkan sebagian besar potassium dari makanan memiliki otot 3,6 pon lebih banyak disbanding yang mendapatkan paling sedikit.
Potaassium menetralisir asam yang memicu penurunan otot ketika usia bertambah.

Mencegah Batu Ginjal
Beberapa hasil studi menunjukkan, mendapatkan angka gizi yang cukup secara teratur untuk potassium dapat menurunkan resiko batu ginjal sampai separuhnya.
Potassium menurunkan jumlah kalsium dalam urin dan mengurangi tingkat keasamannya, yang menyebabkan pembentukan kristal pada ginjal.

Makanan Yang Kaya Akan Potassium :
- Kentang, 1 buah mengandung sekitar 900mg potassium. Sebaiknya dikonsumsi dengan cara dimasak dengan kulitnya.
- Prune, ½ cup mengandung sekitar 630 mg potassium.
- Kismis, ½ cup mengandung sekitar 600 mg potassium.
- Jus jeruk, 1 gelas sedang (180ml) – 450 mg potassium.
- Bayam, ½ cup matang – 420 mg potassium.
- Tomat, 1 buah – 290 mg potassium.
- Pisang, 1 buah – 420 mg potassium.
- Biji bunga matahari, 1 ons – 241 mg potassium.
- Almond, 1 ons – 200 mg potassium.
Porsi di atas untuk memenuhi angka kecukupan gizi 4.700 mg potassium.
Mencegah lebih murah dan mudah dari pada mengobati. Cegah resiko penyakit jantung dan stroke sejak dini dengan mengonsumsi makanan kaya akan potassium.

Sumber : Tabloid AURA

0 comments: